Cara Install Linux di Android Paling Mudah Tanpa Perlu Root


Android merupakan salah satu sistem operasi smartphone yang paling banyak digunakan saat ini. Bahkan di pasar Indonesia, pengguna terbanyak adalah Android. Kernel yang digunakan pada Android adalah kernel Linux, jadi pada dasarnya Android juga dapat menjalankan beberapa perintah Linux. Linux dapat diinstal di Android di sana cara install linux di android lajang.

Ada banyak distro Linux, dari distro Linux untuk kebutuhan sehari-hari hingga distro Linux yang dibuat untuk tugas dan dioperasikan oleh orang-orang khusus. Distribusi Linux untuk kebutuhan sehari-hari misalnya Ubuntu, Linux Mint, Debian dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk keperluan khusus seperti keamanan siber misalnya Kalilinux.

Cara install linux di android semua tipe dan tanpa root

Jika Anda ingin menikmati lingkungan Linux di Android, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi tempat virtual Linux. Misalnya, Termux adalah yang paling stabil untuk menjalankan beberapa perintah Linux.

Untuk menginstal Linux di Termux, Anda dapat melakukannya dengan mudah sesuai dengan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Instal termux di android.
  2. Masukkan termux dan ketik perintah pembaruan paket && peningkatan paket sehingga repositori diperbarui.
  3. Instal anlinux lagi dari Playstore.
  4. Setelah terbuka, Anda hanya perlu memilih Linux yang akan diinstal di Termux.
  5. Cukup salin dan tempel perintah dan jalankan di Termux.
  6. Proses instalasi memakan waktu yang cukup lama tergantung dari jenis distro yang diinstal.
  7. Setelah selesai, Anda dapat langsung masuk ke direktori Linux dengan perintah Linux terkait.

Anda dapat menggunakan perintah sesuai dengan linux yang Anda instal. Di Anlinux juga banyak versi distro yang bisa kamu jalankan di Termux. Contohnya ubuntu, parrot os, kalilinux, debian, fedora backbox, centos, arch linux dan alpine linux.

Baca Juga  4 Cara Mengatasi Kolesterol Secara Alami Dengan Berolahraga

Cara install kali linux di android menggunakan kalinethunter dan termux

Jika ingin install Kalilinux bisa menggunakan Termux dan untuk tampilan GUI bisa menggunakan vnc server dan vnc viewer. Jadi Anda bisa menggunakan Kalilinux seperti layar komputer.

Cara install linux di termux android memang paling sederhana, tapi untuk fungsinya hanya bisa sedikit dan terbatas. Namun cukup baik jika Anda baru menggunakan Linux sambil mempelajari Linux terlebih dahulu sebelum benar-benar menginstal Linux di komputer Anda.

Ada ROM yang bisa kamu gunakan untuk belajar Linux khusus untuk pentesting dan cyber security. Dan tentunya masih dari Kalilinux, tapi khusus untuk HP Android. Untuk namanya sendiri, Kalinethunter memiliki fitur yang lengkap dan hampir sama dengan Kalilinux di versi desktopnya. Namun, hanya beberapa fitur yang tidak dapat digunakan, seperti wire shark, karena dikhususkan untuk komputer.

Cara Instal Linux di AndroidSaya lebih baik menggunakan Termux jika Anda masih pemula. Karena kalinethunter dan tools seperti andrax membutuhkan akses root untuk menggunakannya. Sedangkan akses root sendiri tidak disarankan bagi pengguna yang masih pemula. Sistem Android yang crash bisa membuat Android tidak bisa restart.

Untuk pilihan yang lebih sederhana lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi Debian yang mudah digunakan untuk belajar Linux bagi pemula. Seperti aplikasi lain, hanya ini yang merupakan emulator Debian Linux. Jika sudah terinstal, maka akan terlihat seperti Debian di komputer Anda.


Teknologi