Cara Install Aplikasi Format APK Paling Mudah di Android


Bagi pengguna Android tentunya sudah familiar dengan format APK karena merupakan format default yang dimilikinya. Kini, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, formatnya pun berkembang menjadi format APK. Lalu apa yang dimaksud dengan format dan bagaimana caranya? Cara menginstal aplikasi dalam format APK?

Secara sederhana, format APK adalah format gabungan dari beberapa aplikasi hingga akhirnya menjadi satu paket. Nah, untuk melakukan penginstalan tentunya membutuhkan pihak ketiga agar tidak terjadi kesalahan. Menginstal aplikasi yang muncul dengan kata “format file tidak didukung” dapat dihindari jika Anda memperhatikan cara-cara berikut.

Cara menginstal aplikasi dalam format APK:

1. Unduh aplikasi ketiga

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh aplikasi ketiga bernama Split APK Installer (UPS). Aplikasi dapat diunduh tanpa harus membayar apapun (gratis) di Playstore. Anda tidak perlu khawatir dengan jumlah memori yang digunakan, karena ukuran UPS hanya 4,3 MB. Untuk ini, proses download tidak membutuhkan banyak kuota.

Anda dapat mengunduhnya dengan membuka aplikasi Playstore, mengetikkan nama aplikasi, lalu melakukan pencarian. Jika sudah ada klik download, agar proses download langsung selesai. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Cara menginstal aplikasi dalam format APK Dijamin gak tahan lama.

2. Menginstal aplikasi Apk

Setelah aplikasi UPS diunduh, menu terbuka akan muncul. Sekarang silahkan klik menu tersebut dan lanjutkan memilih menu Install APK. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai. Anda dapat melanjutkan dengan mengklik menu buka untuk membuka aplikasi Split APK Installer (UPS).

3. Menginstal aplikasi dengan format Apk

Nah, pada bagian ini akan dijelaskan cara menginstal aplikasi dalam format APK. Anda dapat mencari pencarian MENGAJUKAN aplikasi dengan format APK yang akan diinstal. Dalam beberapa saat, daftar semua aplikasi dengan format ini akan muncul di Android. Pilih salah satunya dengan mengklik “Select” dan segera lakukan instalasi.

4. Berikan izin pemberitahuan penginstalan dari sumber yang tidak dikenal

Saat Anda menginstal aplikasi apa pun di luar Playstore, Anda sering menghadapi persyaratan lisensi dari sumber yang tidak dikenal. Untuk beberapa aplikasi yang kurang bagus tentu saja pemberian izin hanya berpotensi mendatangkan virus. Berbeda dengan Split APK Installer (UPS), Anda dapat memberikan izin dan melindungi ponsel Anda dari virus.

Namun, pastikan Anda mengamankan data penting Anda di Android terlebih dahulu. Hal ini untuk mengantisipasi virus yang akan datang, karena tingkat ketahanan Android terhadap virus berbeda. Berhati-hatilah untuk menghindari yang terburuk.

5. Aplikasi Apk dapat dijalankan

Setelah memberikan izin, tunggu beberapa saat untuk menyelesaikan instalasi aplikasi. Cara menginstal aplikasi dalam format APK Ini tidak terlalu sulit dan lama. Untuk melakukannya, setelah proses instalasi selesai, klik “Selesai”. Kemudian Anda perlu kembali ke halaman utama Android dan melihat ikon sebagai tanda bahwa aplikasi telah diinstal.

Untuk menjalankannya, Anda bisa melakukan hal yang sama dengan aplikasi Android, yaitu dengan membukanya secara langsung. Jika ada permintaan persetujuan, klik “Setuju” sebagai token. Kini, aplikasi yang tadinya tidak bisa dijalankan kini malah bisa digunakan. Semoga beruntung.

Meskipun 5 cara di atas sangat mudah, namun Anda harus berhati-hati dalam memilih aplikasi yang akan digunakan instalasi. Hal ini disebabkan oleh Cara menginstal aplikasi dalam format APK Kecerobohan dapat menyebabkan berbagai masalah untuk Android. Pilih aplikasi yang sudah terjamin keamanannya dan pastinya tidak ada virusnya.


Teknologi

Baca Juga  5 Cara Nonton Bareng di Telegram Agar Tidak Ngelag