InformasiKita

Cara Downgrade Instagram ke Versi Lama, Ini Langkah-Langkahnya


Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang penggunanya terus bertambah dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini membuat developer Instagram giat mengupdate versi aplikasinya. Tetapi beberapa benar-benar berpikir secara berbeda, yaitu bagaimana Cara menurunkan versi Instagram ke versi sebelumnya. Mungkin karena Anda tidak terbiasa dengan tampilan baru atau ruang penyimpanan yang terbatas bisa menjadi alasan untuk melakukan downgrade.

Bahkan, tampilan baru Instagram juga tidak banyak berubah Tampilan Instagram lama. Yang lebih terasa hanya di bagian ikon dan logo. Penyimpanan juga tidak berubah secara signifikan. Kecuali jika sudah lama digunakan untuk gulungan rumah, ukurannya pasti akan bertambah.

Downgrade Instagram sebenarnya hanya membutuhkan beberapa langkah saja, namun jika tidak dilakukan dengan benar maka proses downgrade juga akan gagal. Untuk menghindari kegagalan saat downgrade, pastikan untuk mengikuti langkah-langkah ini dengan hati-hati.

Cara downgrade Instagram ke versi lama

Persiapan yang harus dilakukan sebelum melakukan downgrade aplikasi Instagram adalah menyimpan atau mencatat username dan password yang digunakan untuk login. Karena dalam proses downgrade, aplikasi versi baru akan di-uninstall terlebih dahulu. Setelah masuk, harap ikuti petunjuk berikut:

  1. Copot pemasangan atau uninstall aplikasi instagram.
  2. Unduh aplikasi Instagram lama di situs pihak ketiga. Jangan download melalui Playstore karena hanya tersedia satu versi baru. Untuk tempat download bisa langsung googling saja.
  3. Jika sudah didownload, silahkan install aplikasi Instagram.
  4. Jika sudah terpasang, buka playstore
  5. Di Playstore, fungsi auto update harus dinonaktifkan agar aplikasi Instagram tidak terupdate. Caranya: pilih menu > pengaturan > preferensi jaringan > perbarui otomatis aplikasi > pilih jangan perbarui.
  6. Kemudian kembali ke aplikasi Instagram dan masuk menggunakan akun yang sebelumnya digunakan.
  7. Aplikasi Instagram telah diturunkan ke versi lama yang dipilih.
Baca Juga  Merk Hp Terbaik dan Awet, Nomor 3 Idaman Banyak Orang

Itu cara downgrade instagram ke versi lama. Perlu juga dicatat bahwa versi lama aplikasi ini mungkin hanya bertahan selama beberapa minggu ke depan karena Instagram sendiri akan memaksanya untuk meningkatkan ke versi baru. Jika tidak diupdate maka akan muncul peringatan update dan instagram tidak bisa dibuka namun langsung masuk ke halaman update di playstore.

Sebenarnya ada satu lagi cara untuk mem-bypass aplikasi Instagram versi kadaluarsa, yaitu dengan menunda waktu di pengaturan ponsel Anda hingga tanggal sebelum aplikasi Instagram kadaluarsa atau saat aplikasi masih bisa digunakan. Namun, pengamanan data bisa sedikit berbahaya jika dilakukan dalam jangka panjang. Dan yang terbaik adalah memperbarui ke versi terbaru.

Cara mengembalikan Instagram versi lama ke versi baru (Update)

Untuk update versi Instagram, caranya cukup mudah. Berbeda dengan metode downgrade untuk update, Anda tidak perlu meng-uninstall terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka aplikasi Google Playstore.
  2. Di menu pilihan mengelola aplikasi dan perangkat.
  3. Lalu pilih Pembaruan tersedia.
  4. Kemudian cari aplikasi Instagram.
  5. Pilih Pembaruan.
  6. Untuk melihat proses pembaruan, Anda dapat mengetuk ikon aplikasi Instagram dan Anda akan diarahkan ke halaman unduhan Instagram.
  7. Jika Anda baru saja menekan Buka dan aplikasi Instagram telah diperbarui.

Jika Anda ingin aplikasi diperbarui secara otomatis oleh Playstore, Anda dapat mengaktifkan pengaturan sebagai berikut: Di Playstore, agar aplikasi diperbarui secara otomatis, lakukan ini: pilih menu > pengaturan > preferensi jaringan > perbarui aplikasi secara otomatis > pilih melalui jaringan apa pun atau hanya wifi. Jika Anda memiliki kuota data kecil, disarankan untuk memilih Wi-Fi saja.


Teknologi