Cara Cek Saldo KIP Di HP Dengan Dan Tanpa Aplikasi


Bagi masyarakat yang mendapat bantuan dari pemerintah berupa program Kartu Indonesia Pintar atau biasa disebut KIP, cara cek saldo KIP di hp adalah hal yang harus dicari. Mengapa demikian? Karena biasanya untuk cek saldo KIP, orang harus datang ke bank atau ATM.

Terkadang datang ke ATM atau bank adalah hal yang malas karena harus antre dan menunggu lama, apalagi mengecek saldo. Oleh karena itu, mereka adalah penerima bantuan yang mereka cari cara cek saldo kip di hp

Tujuannya agar Anda tidak perlu menunggu lama dan mengantre serta meninggalkan pekerjaan lain yang biasa Anda lakukan setiap hari. Dengan memeriksa saldo KIP mereka secara online atau melalui ponsel mereka, mereka dapat melakukannya di mana saja, kapan saja. Selain itu, mereka tidak harus meninggalkan pekerjaan rutin mereka.

Cara Cek Saldo KIP Online Melalui HP

Cara cek saldo KIP tentunya harus diketahui dan dipahami oleh penerimanya. Maka kali ini kita akan membahas secara detail cara melakukan pengecekan ini hanya melalui HP. Namun sebelum kita membahas caranya, kita akan membahas sedikit tentang apa itu KIP.

Kartu Indonesia Pintar atau KIP merupakan salah satu program baru pemerintah yang bertujuan untuk membantu keluarga kurang mampu dalam proses pendidikan anak usia 7 hingga 18 tahun. Program ini diresmikan pada tanggal 3 November 2014.

Bantuan KIP diberikan kepada penerima manfaat dalam bentuk uang tunai. Dengan adanya program KIP ini, diharapkan seluruh anak Indonesia dapat bersekolah dan berhenti putus sekolah karena alasan ekonomi.

1. Cara cek saldo KIP di hp tanpa aplikasi

Cara Cek Saldo KIP di HP Yang pertama bisa dilakukan cukup melalui website tanpa harus mendownload aplikasinya terlebih dahulu. Langkah-langkah yang harus diikuti untuk cek saldo KIP melalui website adalah:

  1. Buka browser dan masukkan www.jaga.id, lalu login menggunakan alamat email dan kata sandi Anda. Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu.
  2. Pilih menu layanan masyarakat di bagian bawah dan pilih “Pendidikan”. Setelah itu silahkan isi beberapa pilihan menu yang tersedia, mulai dari nama anda, tingkat pendidikan, hingga kota atau lingkungan tempat tinggal anda, kemudian klik “tampilkan”.
  3. Selanjutnya akan ditampilkan nama sekolah atau institusi pendidikan sesuai dengan data yang telah dimasukkan sebelumnya. Klik pada nama sekolah yang ditampilkan dan pilih “PIP Program”.
  4. Setelah itu, Anda tinggal memasukkan nomor KIP atau NISN siswa penerima pada kolom pencarian yang tersedia, lalu klik “Search”.
  5. Semua data untuk siswa yang menerima dana KIP sekarang akan muncul. Data tersebut meliputi saldo serta rekening bank untuk pencairan dana KIP. Metode ini juga termasuk cara cek saldo KIP BRI online.

2. Cara Cek Saldo KIP di HP dengan Aplikasi

Selain situs web, cara cek saldo KIP BRI lewat hp itu juga bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi. Metodenya adalah sebagai berikut.

  1. Buka Google PlayStore dan unduh aplikasi Jaga.id.
  2. Buka aplikasi dan masuk dengan email dan kata sandi Anda, jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat mendaftar terlebih dahulu.
  3. Pilih menu “Education” dan isikan semua data pada kolom yang tersedia.
  4. Klik “cari sekolah” dan klik nama sekolah di layar.
  5. Pilih menu “program sekolah” lalu masukkan nomor KIP/NISN, lalu klik “Cari”.
  6. Setelah semua langkah ini selesai, akan muncul semua detail penerima KIP, termasuk rekening bank, hingga tanggal pembayaran dana KIP.

Lebih jelasnya, apa sebenarnya tujuan pemerintah membuat kartu Indonesia Pintar? Simak ulasan singkat di bawah ini tentang tujuan dan manfaat KIP bagi masyarakat Indonesia.

Tujuan dan manfaat kartu Indonesia Pintar

Secara keseluruhan, KIP bertujuan untuk membantu masyarakat miskin menyekolahkan anaknya. Program ini bertujuan untuk mengurangi angka putus sekolah di Indonesia karena alasan ekonomi. Program KIP akan membantu pembiayaan administrasi sekolah. Selain itu, kebutuhan dalam proses pembelajaran juga akan terbantu dengan adanya program KIP ini yang diberikan secara berkala.

Program ini juga bertujuan untuk mendukung pelaksanaan program Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 tahun yang sudah ada dan program Wajib Belajar Universal/Sekunder 12 tahun yang sudah ada.

Padahal manfaat KIP sendiri adalah sebagai berikut:

  • Menjamin dan menjamin semua anak usia sekolah dapat bersekolah tanpa memikirkan biaya ekonomi yang tinggi.
  • Mendorong anak putus sekolah untuk kembali bersekolah.
  • Menjamin bantuan pendidikan berkelanjutan sampai tingkat SMA/sederajat.

Siapa yang berhak menerima KIP?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, KIP menyasar masyarakat kurang mampu yang memiliki anak usia sekolah. Oleh karena itu, tentunya kartu ini tidak bisa diberikan kepada sembarang orang. Berikut ini adalah orang-orang yang diprioritaskan dalam menerima program KIP.

  • Anak usia sekolah (6-21 tahun) dari keluarga peserta PKH
  • Anak usia sekolah (6-21 tahun) yang tinggal di panti asuhan atau panti sosial
  • Santri yang memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS).
  • Anak usia sekolah (6-21 tahun) dari keluarga pemegang Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

Kemudian, orang-orang inilah yang mungkin membutuhkan informasi tentang cara cek saldo kip di hp Setelah mengetahui cara cek saldo KIP, kini Anda tidak perlu bingung lagi karena di atas sudah dijelaskan secara singkat dan jelas. Tertarik mencoba cek saldo KIP Anda?


Teknologi

Baca Juga  Spek Tinggi dan Performa Gahar