Cara Buat NFT, Raih Potensi Aset Digital


Baru-baru ini, berita viral tentang seorang pemuda Indonesia yang berhasil menjual foto NFT diri sendiri Dia. Hal ini membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti jejak mereka dan mempelajari cara membuat NFT.

Memahami definisi NFT

Non-Fungible Token (NFT) adalah bentuk turunan dari aset kripto. Ciri khasnya adalah tidak dapat menjadi alat tukar, tetapi pemiliknya dapat memperdagangkannya sebagai aset fisik.

NFT mirip dengan sertifikat digital sebagai bukti kepemilikan cryptocurrency, seperti foto, video, dan karya seni digital lainnya. Adapun sertifikat ini terdaftar di blockchain, sehingga tidak ada yang bisa menduplikasinya.

Sertifikat adalah seperangkat kode dan metadata. Kode tersebut akan menampilkan data pada penerbit token, pemilik awal dan pemilik akhir.

Saat ini, sebagian besar transaksi NFT menggunakan mata uang ETH, yang merupakan salah satu mata uang kripto terbesar kedua setelah bitcoin. Ethereum juga merupakan salah satu aset kripto yang memiliki tingkat keamanan tinggi setelah mengalami perbaikan sistem.

Jadi posisinya sekarang menjadi pesaing berat dalam hal cryptocurrency berbasis blockchain. Selain itu, bisa dibilang, NFT juga tergolong sebagai salah satu instrumen investasi yang menguntungkan.

4 cara untuk membuat NFT

Melihat fenomena Ghozali yang jadi miliarder jualan koleksi foto diri sendiri seperti NFT, banyak orang ingin mengikuti jejaknya. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Menentukan bentuk aset digital

Pertama, tentukan terlebih dahulu aset digital apa yang akan dibuat. Umumnya, orang membuat seni digital dalam bentuk video, audio atau kombinasi dari ketiganya.

Ada bentuk lain, seperti yang dilakukan New York Times ketika mengubah artikelnya menjadi NFT. Bahkan, bos Twitter itu juga bertukar tweet pertamanya di platform dan itu dijual dengan harga tinggi, yaitu 42 miliar lei.

Biasanya karena barang koleksi, NFT yang dijual dengan harga tinggi memiliki nilai sejarah dan keunikan tersendiri. Contohnya adalah tweet pertama Jack Dorsey sebagai pencipta Twitter.

Namun, karena pada dasarnya NFT adalah sebuah produk, perhatikan dan jika nanti ada orang yang menyukainya dan ingin membelinya. Jangan lengah dan jangan malah membahayakan diri sendiri dengan mengubah data pribadi Anda menjadi NFT.

2. Anda punya dompet kripto Pertama

Selain itu, sebelum Anda mulai membuat NFT, Anda harus memiliki dompet mata uang kripto pertama. Pilihannya bisa menggunakan MetaMask, yang dimiliki oleh Ethereum. Di dalamnya, Anda dapat menyimpan chip Ether dan NFT.

3. Cara membuat NFT di Opensea

Langkah selanjutnya adalah membuat NFT pada halaman Opensea. Ini adalah pasar penjualan NFT cukup besar dan mendukung penggunaan Ether. Anda harus tahu bahwa Ghozali juga membuat NFT sendiri di situs ini.

Berikut langkah-langkahnya.

  • Membuka peramban dan kunjungi situs web Opensea.
  • Setelah dibuka, buat akun dengan menghubungkan MetaMask sebagai alat transaksi.
  • Langkah selanjutnya adalah mengisi data pribadi Anda untuk membuat profil.
  • Anda kemudian akan diminta untuk memeriksa surel.
  • Jika dicentang, akses menu Akun
  • Klik Koleksi sayalalu pilih Buat koleksi.
  • Unggah aset digital yang ingin Anda ubah menjadi NFT, lalu beri nama dan isi kolom deskripsi.
  • Setelah menyelesaikan langkah ini, klik tombol Membuat.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda hanya perlu menunggu NFT disetujui. Jika disetujui, itu akan segera muncul di daftar penawaran untuk dijual.

Penjualan NFT ini dapat dilakukan dengan skema lelang. Jadi, Anda perlu menetapkan harga penawaran awal. Selain itu, tetapkan periode penawaran NFT.

Ini adalah cara untuk melakukan NFT. Pada dasarnya, Anda dapat mengubah bentuk digital apa pun menjadi NFT. Namun, pikirkan tentang nilai, dan keunikan sejarah produk agar memiliki harga jual yang tinggi.


Teknologi

Baca Juga  Cara Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat, Bantu Jalani Aktivitas Semakin Optimal