Cara Backup Chat Whatsapp Yang Aman Agar Tidak Hilang


Whatsapp merupakan salah satu aplikasi media sosial yang paling banyak diunduh. Apalagi dengan banyaknya update di dalam aplikasi. Ada berbagai fitur yang bisa membuat nyaman untuk semua pengguna. Salah satunya adalah Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp.

Ada berbagai alasan mengapa chat Whatsapp hilang atau terhapus. Bisa tidak sengaja terhapus atau bisa juga mengganti ponsel. Namun, perlu dicatat bahwa cara backup chat whatsapp di hp lain hampir sama dengan backup seperti biasa. Sebelum membahas cara mengembalikan chat Whatsapp yang hilang, ada baiknya untuk membahas penyebabnya.

Penyebab kehilangan atau penghapusan percakapan Whatsapp

Terkadang pengguna Whatsapp merasa kesal ketika obrolan penting hilang atau terhapus. Namun, saya tidak ingin menghapusnya. Sebelum kesal karena chatnya hilang, berikut penyebabnya yang perlu diketahui.

1. Mengubah akun

Ada syarat yang harus dipenuhi ketika pengguna ingin mengubah atau memindahkan akun. Yaitu, aktifkan fungsi backup.

Jika pengguna lupa untuk mengaktifkan, bahkan jika dia menggunakan cara membuat cadangan obrolan WhatsApp yang dihapus dihabiskan. Maka itu akan sia-sia.

2. Mulai hapus data

Penyebab selanjutnya adalah ketika pengguna mulai menghapus beberapa data. Pasalnya, memori di ponsel mulai terisi. Kemudian data chat Whatsapp tidak sengaja terhapus.

3. File WhatsApp yang rusak

Penyebab terakhir sangat jarang. Namun kecil kemungkinan bila hal itu terjadi akan merugikan pengguna Whatsapp. Cara mengantisipasinya, terus aktifkan fungsi backup.

Cara mencadangkan obrolan WhatsApp yang dihapus

Bagi pengguna yang lebih sering menggunakan aplikasi Whatsapp akan sering menghapus percakapannya. Jadi ada percakapan penting yang tidak sengaja terhapus. Mengikuti Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp yang harus diketahui.

1. Menggunakan fitur pencadangan terbaru

Cara mencadangkan obrolan WhatsApp yang dihapus adalah dengan menggunakan salah satu fiturnya. Yaitu fitur backup terbaru. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah meng-uninstall aplikasi Whatsapp.

Kemudian instal ulang aplikasi Whatsapp. Saat ada permintaan untuk mengembalikan riwayat obrolan, pilih Pulihkan. Tunggu hingga proses selesai. Setelah menyelesaikan proses, semua obrolan akan kembali seperti semula sebelum dihapus.

2. Menggunakan folder cadangan

Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp Langkah selanjutnya adalah menggunakan folder cadangan. Langkah-langkah yang harus diikuti adalah masuk ke menu Setting di smartphone Anda. Cari menu Chat and Call, lalu klik. Kemudian pilih tombol cadangan obrolan. Akan ada perubahan cadangan.

Simpan file dengan nama lain. Langkah selanjutnya adalah uninstall aplikasi Whatsapp. Kemudian pilih folder backup dari file yang telah disimpan tadi.

Ganti nama file, lalu instal ulang aplikasi Whatsapp. Saat diminta untuk memulihkan, pilih Pulihkan. Itu dia cara membuat cadangan obrolan WhatsApp yang dihapus.

3. Gunakan Google Drive

Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp selanjutnya adalah memanfaatkan fitur google lainnya yaitu google drive. Langkah-langkahnya hampir sama dengan kedua cara di atas.

Dimulai dengan mencopot pemasangan aplikasi Whatsapp, lalu memasangnya kembali. Temukan menu Pulihkan di Google Drive dan klik di atasnya. Tunggu beberapa saat hingga proses backup chat selesai.

4. Menggunakan aplikasi

Cara terakhir untuk membackup chat WhatsApp adalah dengan menggunakan aplikasi. Nama aplikasinya adalah Dr. phone. Tentu saja, sebelum mencadangkan obrolan Anda, unduh dulu aplikasinya dan letakkan di laptop atau komputer Anda.

Jika Dr Fone sudah terinstall di laptop atau komputer. Kemudian hubungkan smartphone Anda ke laptop atau komputer. Buka aplikasi Dr.fone dan cari menu Whatsapp Transfer, lalu klik. Kemudian pilih opsi Whatsapp dan cari menu Whatsapp Message Transfer.

Ketika aplikasi Whatsapp di smartphone kamu sudah terdeteksi, maka klik Transfer untuk memindahkan semua percakapan Whatsapp ke smartphone kamu. Tunggu hingga proses selesai. Jika sudah selesai, maka di Whatsapp akan ada chat yang sudah terhapus.

Jadi jangan bingung ketika ingin mengganti smartphone, karena cara di atas bisa digunakan. Jadi Cara membuat cadangan obrolan WhatsApp akan sangat berguna untuk mengetahuinya.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Menghubungkan Kamera Hp ke Hp Lain Tanpa Aplikasi