InformasiKita

Bedanya AMD Dan Intel: Ini Keunggulan Dan Kelemahannya


Bingung mau pakai prosesor yang mana? Untuk dapat menentukan pilihan yang tepat, tentunya Anda perlu mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Lalu apa perbedaan AMD dan Intel berdasarkan kelebihan dan kekurangannya?

Selama beberapa dekade, AMD seperti pesaing abadi Intel. Beberapa produk hampir selalu bersebelahan dan saling mengungguli. Namun, Intel mendominasi sementara AMD sebenarnya mendapat julukan prosesor panas.

Keunggulan AMD dan Intel

Pertama-tama, tentunya masing-masing merek prosesor ini memiliki keunggulannya masing-masing. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki tujuan yang berbeda dalam mengembangkan produknya. Jadi mari kita lihat keunggulan keduanya.

1. Keunggulan produk AMD

saya punya

AMD (Advanced Micro Device) adalah sebuah perusahaan manufaktur prosesor yang berbasis di Santa Clara, California, Amerika Serikat. Sebagai pesaing utama Intel, produknya memiliki beberapa keunggulan sebagai berikut.

Harga lebih murah

Perbedaan antara AMD dan Intel cukup mencolok dari segi harga, sehingga pengguna bisa mendapatkan prosesor dengan spesifikasi setara Intel, namun harganya lebih murah. Hal ini pula yang menjadikan AMD sebagai alternatif setelah Intel.

Mereka memiliki grafik yang lebih baik

Meski lebih murah, sebenarnya AMD unggul dari segi grafis. Karena itulah prosesor ini sering menjadi pilihan para gamer karena dapat meningkatkan tampilan grafis game agar lebih menarik.

Ini memiliki teknologi pendeteksi virus atau malware

Keunggulan selanjutnya yang membedakan AMD dengan Intel adalah hadirnya teknologi antivirus yaitu Enchanched Virus Protection. Fitur EVP ini mampu mendeteksi virus dalam program, bahkan sebelum mereka sempat menginfeksi perangkat.

Cocok untuk aplikasi 64-bit

Saat ini, ada banyak aplikasi dan game berbasis 64-bit. AMD mengambil ini sebagai peluang dan berhasil mengeksekusinya dengan baik. Beberapa prosesor terbaru mampu tampil maksimal dalam aplikasi tersebut.

2. Keunggulan produk Intel

Selanjutnya, mari kita lihat perbedaan keduanya dari segi keunggulan Intel. Sebagai perusahaan yang telah mendominasi pasar selama beberapa dekade, jelas bahwa produknya telah teruji. Berikut adalah keuntungannya.

Anda memiliki manajemen suhu yang baik

Salah satu keunggulan Intel adalah manajemen suhu yang baik. Produk-produknya dikenal berkinerja baik tanpa cepat panas. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan laptop dalam waktu yang lama.

Bekerja dalam diam

Keunggulan lainnya adalah dalam hal pengoperasian yang tidak bersuara. Ini karena teknologi Heatsink. Jadi, pengguna tidak akan mendengar suara yang mengganggu saat mengoperasikannya.

Kerja optimal dalam pemrosesan multimedia

Bagi pengguna yang membutuhkan rendering lebih sering, prosesor Intel ini akan lebih optimal. Proses dapat berlangsung lebih cepat dengan kualitas hasil yang baik.

Perbedaan AMD dan Intel dalam hal kelemahannya masing-masing

Setelah mengetahui kelebihannya, tentunya Anda perlu mengetahui tentang kelemahannya. Di AMD, prosesor dikenal cepat panas. Namun, perusahaan berhasil mengatasi ini pada prosesor Ryzen-nya.

Dari segi multimedia, AMD juga kurang optimal sehingga masih kalah dari Intel. Namun, Intel juga memiliki beberapa kekurangan yang masih menjadi kendala.

Pertama, dari segi harga, prosesor Intel dibanderol lebih tinggi dari AMD dengan spesifikasi setara. Harga ini membuat banyak orang beralih ke AMD sebagai alternatif yang lebih ekonomis.

Selain itu, kualitas Intel lebih unggul. Namun, jika terjadi kerusakan, biaya perbaikan bisa sangat mahal. Pasalnya, jika Anda memperbaiki prosesor Intel yang rusak, Anda juga perlu mengganti motherboard perangkat tersebut.

Inilah perbedaan antara AMD dan Intel berdasarkan kelebihan dan kekurangannya. Anda dapat memilih prosesor dengan mempertimbangkan kebutuhan Anda, misalnya untuk gaming atau pemrosesan multimedia.


Teknologi

Baca Juga  Cara Sehat Menambah Berat Badan, Yuk Ikuti Tips Dibawah