Beberapa cara alami turunkan kolesterol bagi Penderita Diabetes


Cara alami menurunkan kolesterol Bagi penderita diabetes, dimulai dengan mengurangi konsumsi gula dan menggantinya dengan yang alami. Tidak hanya gula, tapi juga kandungan lain seperti lemak harus dikurangi agar tidak memicu komplikasi. Komplikasi yang ditimbulkan antara lain: stroke bahkan serangan jantung. Oleh karena itu, penderita diabetes sangat rentan dan perlu menjaga asupan makanan sehari-hari.

Berikut penjelasan beberapa cara menurunkan kolesterol bagi penderita diabetes:

1. Jangan makan berlebihan

Hal yang paling penting adalah kebiasaan makan. Berhati-hatilah untuk tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan, meski rasanya sangat lezat, belum tentu dari segi kesehatan baik untuk keadaan tubuh. Untuk menyeimbangkan kalori yang Anda terima, Anda dapat menghitungnya secara manual. Kondisi ideal adalah 2.000 kalori per hari, jika berlebih akan menyebabkan obesitas dan risiko lainnya.

Anda dapat mengganti nasi dengan kentang atau jagung, yang memiliki lebih banyak jenis karbohidrat alami. Sama halnya dengan minuman, hindari minuman kemasan yang berasa manis atau berbahan perasa, ada baiknya perbanyak konsumsi air putih dan buatlah minuman beraroma alami. Dengan catatan tidak ditambah gula berlebih.

2. Berolahraga secara teratur

Bagi Anda penderita diabetes, olahraga adalah kuncinya. Anda bisa membuat jadwal rutin setiap hari, mulai dari: 15-30 menit sehari. Ini akan mengurangi risiko kandungan kolesterol yang lebih tinggi. Meski jaraknya tidak terlalu jauh, yang terpenting adalah membakar kalori dan konsisten melakukannya.

Olahraga adalah satu cara menurunkan kolesterol secara alamiseperti: jalan pagi atau sore hari, jogging, bersepeda hingga berbagai aktivitas fisik lainnya. Jangan berolahraga atau bergerak terlalu keras karena tubuh kita tidak akan terbiasa dan dapat menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, pahami dulu kapasitas Anda sebelum melakukan aktivitas fisik.

3. Dilarang merokok

Bagi Anda yang dulunya merokok, menghentikan aktivitas ini adalah pilihan yang tepat. Kandungan nikotin yang tinggi dapat memicu kolesterol tinggi. Maka Anda perlu memulai dengan pola hidup sehat tentunya dengan pola atau langkah baru. Jangan melanjutkan atau mengambil kesempatan untuk menghindari stres karena akan berakibat fatal bagi kesehatan Anda.

Merokok tidak hanya memicu kolesterol dan diabetes, tetapi juga serangan jantung dan kerusakan paru-paru. Jadi bukan rokok cara alami menurunkan kolesterol Sebelum terlambat, lebih baik Anda berhenti dulu. Seperti yang mereka katakan, mencegah lebih baik daripada mengobati.

4. Waktu tidur yang cukup

Tidur adalah kunci kesehatan, mulai dari kolesterol hingga tekanan darah. Pastikan Anda cukup tidur, yaitu antara: 8-10 jam sehari. Jangan memaksakan diri untuk begadang apalagi saat kondisi tubuh tidak memungkinkan. Bagi Anda yang sudah lanjut usia, pastikan Anda cukup tidur dan jaga makanan dengan menghindari makanan yang dilarang oleh para ahli medis.

Ini adalah penjelasan dari cara alami menurunkan kolesterol kami berharap dapat membantu Anda bagi penderita diabetes dalam menurunkan kadar kolesterol.


Teknologi

Baca Juga  Cara Mengembalikan Layar Laptop yang Terbalik: Works!