InformasiKita

7 Aplikasi Translate Bahasa Lampung, Recommended


Indonesia adalah negara yang kaya akan suku, budaya, agama, adat istiadat dan bahasa. Kondisi ini memicu munculnya Aplikasi terjemahan bahasa Lampung dan beberapa bahasa daerah lainnya.

Hal ini dikarenakan bahasa daerah yang sering digunakan untuk berkomunikasi, antara lain: bahasa lampung. Di daerah asalnya, pemerintah daerah juga memasukkan bahasa Lampung sebagai salah satu mata pelajaran.

Kenali Lampung lebih dekat

Lampung adalah nama sebuah provinsi yang terletak di ujung timur pulau Sumatera, dengan penduduk aslinya disebut suku Lampung. Menurut sejarah, suku Lampung masih berhubungan dengan suku Minang.

Hal ini terlihat dari beberapa tradisi yang masih dipengaruhi oleh adat Minang. Suku asli ini terdiri dari dua kelompok yaitu Lampung Pepadun dan Saibatin. Sampai hari ini, penduduk asli masih menggunakan bahasa Lampung sebagai alat komunikasi.

bahasa lampung

Rumpun bahasa Lampung termasuk dalam kelompok dialek Austronesia dan merupakan bahasa daerah yang banyak digunakan. Ada tiga jenis aglomerasi, yaitu: Lampung Nyo atau O, Lampung Api atau A dan Komering.

  1. Lampu api
    Bahasa Lampung Api disebut juga dengan dialek A. Rumpun ini banyak digunakan sebagai alat komunikasi bagi penduduk wilayah barat, tengah, dan selatan Provinsi Lampung.
  2. Lampung Nyo
    Dialek O atau bahasa Lampung Nyo banyak digunakan di wilayah Lampung bagian selatan dan timur. Aksen yang digunakan adalah Menggala. Tulang Bawang merupakan daerah dengan mayoritas penduduk yang menggunakan aksen O.
  3. Komering
    Gugus ini juga dikenal sebagai Jelema Daya. Bahasa Lampung jenis ini banyak digunakan di daerah Martapura, Muara Dua dan Belitang, masyarakat Ranau dan Kayuagung di Sumatera Selatan.

Aplikasi terjemahan bahasa Lampung

Jika dulu Anda harus belajar bahasa, Anda harus menggunakan kamus yang tebal, sekarang semuanya ada di tangan Anda. Kecanggihan teknologi telah mempermudah banyak orang dalam banyak hal.

Dengan fitur Android, pengguna dapat melakukan banyak hal. Salah satunya adalah belajar bahasa daerah melalui kamus atau aplikasi penerjemah. Aplikasi penerjemah bahasa Indonesia ke bahasa Jerman atau bahasa Jerman pasti sudah sering terdengar.

Namun ternyata Android juga mendukung terjemahan ke dalam bahasa daerah. Terjemahkan aplikasi dari Lampung ke Indonesia telah menjadi fitur yang paling dicari.

Anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak aplikasi terjemahan yang bisa diunduh melalui Google Play Store. Lalu aplikasi apa saja yang bisa membantu proses pembelajaran bahasa Lampung?

1. Kamus Bahasa Lampung Lengkap

Kamus bahasa Lampung lengkap

Aplikasi terjemahan bahasa Lampung ini dikembangkan oleh pengembang GuruAndroid. Sejauh ini, jumlah orang yang telah menetap di Google Play Store lebih dari 50.000. Fitur-fitur yang ditampilkan sangat menarik dan memudahkan pengguna dalam mempelajari bahasa Lampung.

Dukungan antarmuka pengguna yang sederhana memudahkan penggunaan aplikasi ini. Ukurannya juga cukup kecil yaitu 3,5 MB, sehingga perangkat tidak lemot. Kosa kata yang tersedia juga cukup lengkap.

Unduh disini

2. kamus bahasa Lampung

kamus bahasa lampung

Kamus kedua dikembangkan oleh pengembang Aplikasi EllStudios. Meski kapasitasnya cukup kecil, yakni 3,9 MB, kosakata yang tersedia cukup lengkap. Aplikasi terjemahan bahasa Lampung ini menjadi salah satu favorit pengguna.

Keunggulan dari aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100.000 kali ini adalah memiliki dua dialek yaitu A dan O. Selain mempelajari bahasa Lampung, dengan fungsi yang tersedia, pengguna dapat belajar menulis aksara Lampung.

Unduh disini

3. Kamus Bahasa Lampung Offline

Kamus bahasa Lampung Offline

Salah satu kendala penggunaan kamus adalah tersedianya mode online. Berbeda dengan aplikasi ini yang ternyata bisa diakses meski tidak ada jaringan internet alias offline.

Dengan cara ini, pengguna dapat menyimpan bagian internet mereka. Oleh karena itu, banyak yang menggunakan Aplikasi terjemahan bahasa Lampung ke Indonesia ini.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah user interface yang ramping dan modern. Fungsi mode gelap membuat mata pengguna tetap nyaman, bahkan saat cahaya terbatas atau di malam hari. Lebih dari itu, aplikasi Lampung Indonesia itu juga dilengkapi dengan fungsi penandaan.

Unduh disini

4. Kamus terjemahan bahasa O & A Dialek Lampung

Kamus terjemahan bahasa Lampung Dialek O & A

Kamus yang dikembangkan oleh Pelandys pun tak kalah menarik. Aplikasi ini memiliki dialek A dan O. Jumlah unduhan dari Google Play Store sejauh ini lebih dari 10.000 pengguna.

Keunggulan Aplikasi terjemahan bahasa Lampung Ini adalah antarmuka pengguna yang sederhana, sehingga mudah digunakan. Fitur bawaannya cukup lengkap. Selain penerjemah, terdapat huruf, tanda baca, dan angka dalam bahasa Lampung.

Ciri Terjemahkan aplikasi O dialek Lampung Hal ini cukup berguna bagi mereka yang ingin belajar Sumatera. Selain kosakata yang banyak, pengguna dapat mempelajari bahasa Lampung secara utuh.

Unduh disini

5. Aplikasi bahasa Lampung terpopuler

Pengembang Emod Studio juga membuat aplikasi dalam bahasa Lampung. Kelebihannya seperti aplikasi Kamus Bahasa Lampung yang memiliki dua dialek yaitu O dan A. aplikasi Lampung Indonesia ini sangat dianjurkan.

Dengan demikian, Aplikasi terjemahan dialek Lampung O ini memiliki banyak pengguna. Meski dari segi ukuran, sedikit lebih berat dari yang lain, yakni 7,5 MB.

6. Kamus dialek Lampung A&O

Yang mau belajar Lampung harus hati-hati. Dialek A dan O memiliki kosakata dan penggunaan yang berbeda. Aplikasi yang dikembangkan oleh Dhukiya ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Seperti namanya, tersedia fitur dialek O dan A. Aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50.000 dari Google Play Store. Pengguna dapat dengan mudah memahami setiap kosakata yang ditampilkan.

Antarmuka pengguna yang sederhana dan lugas membuat pengguna nyaman. Aplikasi ini cukup bermanfaat bagi Anda yang ingin belajar bahasa Lampung dalam dua dialek secara bersamaan.

7. Kamus bahasa Lampung dan terjemahannya

Aplikasi berikut dirilis oleh pengembang 145 Studio. Terjemahan kamus dan bahasa Lampung ini cukup ringan yaitu 4,5 MB. Sejauh ini, telah diunduh oleh lebih dari 10.000 pengguna.

Aplikasi offline ini cukup menguntungkan karena tidak membutuhkan koneksi internet untuk menggunakannya. Keuntungan lainnya adalah hasil terjemahan dapat disalin dan dikirim melalui obrolan. Aplikasi terjemahan bahasa Lampung Disarankan untuk digunakan.


Teknologi

Baca Juga  Bingung Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD? Simak Caranya Disni