Aplikasi Mirip Playstore dan Bisa Unduh Aplikasi Android Secara Gratis


Android merupakan sistem operasi mobile open source, sehingga banyak pengembang sistem operasi smartphone ini. Dengan dibukanya sumber Android, banyak pembuat aplikasi dan game sudah menyebar di toko aplikasi. Toko aplikasi yang paling terkenal adalah milik Google, yaitu Playstore, meskipun sebenarnya ada Aplikasi mirip Playstore.

Playstore benar-benar milik Google, apalagi Android sudah menjadi milik Google, meski bersifat open source untuk developer. Perkembangan Android sendiri kini sudah meluas dan semakin canggih, banyak produsen yang mengembangkannya dengan berbagai dukungan hardware yang canggih.

Kebanyakan dari mereka hanya mengetahui sumber aplikasi resmi dalam format APK, yaitu Google Playstore. Padahal sekarang sudah banyak app store. Bahkan bisa digunakan sebagai Aplikasi Pengganti Playstore lebih lengkap.

Aplikasi Playstore serupa dan banyak aplikasi gratis

Ada banyak aplikasi seperti Playstore yang sudah beredar di internet. Misalnya, Anda dapat mencoba di bawah ini:

1. Aplikasi APK murni

Jika Anda mencari aplikasi sumber mentah, Anda dapat mencobanya dengan menginstal APK murni. Dengan aplikasi ini, sudah banyak dukungan untuk berbagai aplikasi dan game yang sudah ada di Playstore. Namun, aplikasi mirip Playstore ini lebih fleksibel karena yang diunduh tidak langsung diinstal, masih ada cadangan file APK.

Cadangan APK masih ada di folder unduhan dan Anda masih dapat menyimpannya untuk instalasi nanti jika aplikasi utama telah dihapus. Dan lebih praktisnya, Anda tidak perlu mengunduh aplikasi APK murni. Bahkan, Anda dapat dengan mudah mengunduh semua aplikasi dari APK hanya dengan mengakses situs web resminya.

2. Aplikasi F-Droid

Sumber lain dari aplikasi Android gratis adalah F-droid. Namun disini kebanyakan adalah aplikasi yang jarang ada di playstore, kebanyakan aplikasi disini hanya didedikasikan untuk developer dan analis android.

Akan lebih mudah jika ponsel Anda di-root, Anda dapat menginstal ekstensi F-Droid yang langsung masuk ke sistem. Ada sangat sedikit aplikasi di F-Droid dibandingkan dengan Playstore, yang sudah memiliki ribuan aplikasi. F-Droid lebih cocok untuk pengembang dan reparasi Android.

3. Cermin APK

Seperti halnya APK murni, aplikasi APK cermin ini sudah memiliki kualitas dan kuantitas aplikasi yang menyerupai toko aplikasi Playstore. Bahkan jika Anda menginstal aplikasi Android dari aplikasi ini, itu tidak akan menghapus file yang diunduh. Jalan itu masih ada.

Seperti halnya APK murni, APK mirror ini juga memiliki ribuan aplikasi dengan berbagai versi, bahkan versi terbaru aplikasi sudah ada di APK mirror ini.

4. Aptoid

Ada lagi yang tak kalah populer Aplikasi mirip Playstore, yaitu aptoides. Berikut adalah berbagai aplikasi lengkap di Playstore dan Anda dapat mengunduhnya secara gratis. Bahkan versinya mengikuti semua aplikasi yang ada di Playstore. Jadi apa yang Anda unduh selalu diperbarui.

Dengan mengunduh aplikasi pihak ketiga yang ada di atas, Anda dapat menyimpan file mentah. Sementara itu, jika Anda mengunduhnya dari Playstore, Anda tidak dapat menyimpan bahan mentahnya, karena selesai diunduh, maka akan terpasang secara otomatis.


Teknologi

Baca Juga  Game Untuk Anak TK: Seru Dan Mendidik