InformasiKita

Aplikasi Cek NISN Siswa dan Cara Penggunaanya


Teknologi jaman sekarang yang semakin canggih, tidak hanya bisa dilakukan situs web untuk belajar on linetetapi juga membuat fitur Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa. Adanya fitur cek NISN memudahkan siswa atau sekolah untuk mencari dan mencari Nomor Induk Siswa Nasional atau NISNnya.

Menggunakan aplikasi verifikasi NISN online untuk siswa itu akan jauh lebih mudah dan lebih efisien daripada mencari secara manual. Coba bayangkan jika pemerintah mengelola NISN secara manual, pasti sangat rumit. Oleh karena itu, ketahui manfaat dan tujuan memiliki NISN.

Manfaat dan tujuan diadakannya NISN

NISN adalah kode pengenal siswa yang unik dan standar. Kartu tersebut berlaku selama Anda menjadi siswa, sehingga dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya. Manfaat dan tujuan pemberian NISN akan dirangkum di bawah ini.

  1. Untuk mengetahui setiap siswa atau siswa di semua sekolah di Indonesia secara konsisten, standar dan berkelanjutan.
  2. Berguna untuk menyediakan layanan pengurusan ID mahasiswa online on line. Layanan tersebut dapat digunakan oleh satuan kerja pendidikan, baik Kemendikbud, Dinas Pendidikan maupun sekolah yang sifatnya standar. Hal ini dapat dicapai melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
  3. NISN bekerja mendukung program Dapodik untuk mengembangkan dan melaksanakan semua program yang berkaitan dengan pendidikan. Seperti BOS atau Bantuan Operasional Sekolah, PIP, ujian nasional dan sebagainya.

Bagaimana cara memeriksa NISN Anda

Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa

Tidak mudah menghafal NISN yang terdiri dari 10 nomor unik. Jadi ada cara mudah untuk mengetahui NISN Anda tanpa harus menghafalnya. Semua mode tersebut tentunya bisa dilihat secara detail on line. Caranya bisa dilihat di bawah ini.

1. Periksa Penggunaan Nomor NISN

Ada situs web dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang digunakan untuk cek Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan NISN. Pergi ke halaman situs web yang satu Setelah login, akan muncul beberapa kolom tentang Pencarian Data NISN. Ada dua jenis data yang akan diminta.

  • nomor NIS. Merupakan deretan 10 nomor unik yang mewakili identitas siswa yang bersekolah di lembaga yang telah terintegrasi dalam data Dapodik Kemendikbud.
  • Nama biologis ibu. Isikan nama ibu kandung siswa yang masih kerabat, isikan nama saat masih kecil, bisa menggunakan huruf kecil semua.

Setelah menyelesaikan dua tanggal di atas, akan ada verifikasi captcha dengan mengklik kotak di sebelahnya. Jika informasi yang dimasukkan benar, semua data NISN akan muncul.

2. Cek NISN dengan menu Name Search

Periksa NISN berdasarkan nama Hal ini dapat dilakukan jika Anda tidak mengetahui atau lupa NISN yang bersangkutan. Caranya cukup mudah, cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengisi data yang relevan.

  • Nama lengkap siswa. Isikan dengan nama pada akte kelahiran atau KTP yang telah resmi terdaftar dari sekolah.
  • Tempat Lahir. Masukkan nama kota atau kabupaten tempat siswa tersebut lahir. Tulis tanpa menambahkan nama kota atau kabupaten. Misalnya langsung tulis Pasuruan, Jakarta dan sebagainya.
  • Tanggal lahir. Klik formulir kotak tanggal lahir untuk menampilkan kalender dan Anda dapat memilih tahun, bulan, dan tanggal lahir di dalam kotak.
  • Nama biologis ibu. Diisi nama gadis ibu kandung siswa tanpa nama belakang. Mohon diisi menggunakan huruf kecil tanpa huruf kapital.

3. Cek NISN Anda menggunakan QR code offline

Cara ini kalau memang butuh nomor NISN, tapi semua Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa punya masalah. Oleh karena itu, selalu simpan kode QR NISN. Metode ini dapat dilakukan bahkan dalam keadaan terputus.

Caranya hampir sama dengan di atas. Melihat Kode QRC yang berada di bagian bawah NISN. Klik kanan pada gambar kode QR itu, lalu pilih menu Simpan gambar sebagai. metode scan kode QR dia dengan perilaku Smartphone aplikasi yang diinstal sebelumnya Pemindai Kode QR dan download gratis dari Play Store atau App Store.

Mengatasi NISN ganda

Awalnya, pemberian NISN menyasar siswa yang mengikuti ujian akhir nasional. Namun, mulai tahun 2016, pemerintah mulai memberikan NISN secara otomatis kepada seluruh mahasiswa baru. Karena sistem otomatis, tidak jarang siswa mendapatkan nomor ganda. Jika ini terjadi, ikuti langkah-langkah berikut untuk memperbaikinya.

  • Melapor ke Operator Sekolah
    Jika ada kasus NISN ganda, lakukan pemeriksaan lulus Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa yang dimiliki. Kemudian kirimkan perbaikan termasuk scan sertifikat. Tunggu konfirmasi persetujuan dari PDSPK.
  • Pergi ke Operator Pusat
    Setelah mendapat konfirmasi persetujuan, mintalah surat pernyataan dari direktur mengenai NISN. Setelah itu, PDSPK akan melakukan pemeriksaan. Jika pengajuan sudah disetujui, maka secara otomatis sistem akan melakukan perbaikan.

Baca juga: Aplikasi terjemahan bahasa Lampung terbaik

Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa

Semakin lama semakin baik Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa serta jasa percetakan. Semua aplikasi tersebut memudahkan pekerjaan siswa, khususnya guru. Namun kali ini akan dibahas mengenai 3 rekomendasi aplikasi untuk verifikasi dan pencetakan NISN.

1. Aplikasi menggunakan format Excel

Jika Anda terbiasa menggunakan Excel, maka memilih aplikasi format Excel adalah langkah yang tepat. Alasannya karena sudah terbiasa, ditambah lagi aplikasinya tidak berbayar. Sayangnya, tampilannya kurang menarik dibanding aplikasi lain.

Selain itu, aplikasi ini memiliki bentuk yang lebih sederhana yaitu hanya ada 2 terpal tentu saja itu stapak NISN dan data siswa. Oleh karena itu, aplikasi ini dapat melakukan hal itu Sunting | x saat mencetak atau memeriksa NISN.

2. Aplikasi SD SMP SMA

Aplikasi ini memiliki lebih banyak fitur dibandingkan dengan aplikasi NISN lainnya. Aplikasi SD SMP SMA sangat cocok untuk guru yang menjadi guru di tiga tingkatan ini. Aplikasi ini dibuat oleh Muhammad Iksan.

Fitur aplikasi SD SMP SMA memiliki beberapa data yang dapat membantu guru. Seperti tanggal sekolah, tanggal PD, foto halaman belakang dan depan SMP dan SMA.

3. Aplikasi cek NISN berbasis Dapodik

Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa yang terakhir adalah aplikasi yang menggunakan basis Dapodik. Aplikasi ini sangat direkomendasikan karena mudah digunakan. Aplikasi berbasis Dapodik ini dibuat oleh Ibu Nurhayati yang berasal dari Pacitan.

Selain aplikasi berbasis Dapodik, ternyata ada aplikasi lain buatan Ibu Nurhayati. Keuntungan dari aplikasi ini dibandingkan dengan yang lain adalah mudah digunakan. Tidak hanya ringan, desainnya juga bagus dan menarik.

Keunggulan lain dari aplikasi berbasis Dapodik ini adalah dikemasnya fitur yang cukup lengkap. Misalnya bisa mencetak NISN secara massal. penampilan terpal juga lebih rapi, mulai dari identitas siswa hingga terpal foto untuk digunakan.

4. Aplikasi Cek NISN Siswa melalui Android

Cara ini khusus digunakan untuk pengguna Android. Jadi unduh Aplikasi NISN Checker untuk Siswa yang sudah tersedia di Google PlayStore. Adapun caranya, cukup masukkan nama yang dimaksud.

Langkah pertama, download aplikasi dari Google Play Store terlebih dahulu. Setelah itu, instalasidia aplikasi dan membukanya. Tujuannya adalah untuk menemukan NISN, lalu klik “Cari NISN”. Isi semua data yang diperlukan dengan benar pada kolom yang tersedia.

Aplikasi ini sangat praktis karena semua data bisa diakses bookmark. Ini mengarah ke Aplikasi verifikasi NISN untuk siswa dapat digunakan kapan saja bahkan tanpa jaringan internet.

Baca juga: Aplikasi terjemahan bahasa Bali ke bahasa Indonesia


Teknologi

Baca Juga  Cara Install Linux di Android Paling Mudah Tanpa Perlu Root