Android Bootloop Tidak Bisa Masuk Recovery Mode? Begini Caranya!


waktu android mengalami bootloop, cara yang paling efektif adalah dengan masuk ke recovery mode dan melakukan wipe reset dan wipe cache yang terkumpul. Namun, ada beberapa kasus Android bootloop tidak bisa masuk recovery mode ini terjadi pada beberapa jenis ponsel dengan baterai bawaan.

Bootloop Oppo A3s tidak bisa masuk recovery mode juga sering dialami oleh sebagian pengguna Oppo. Padahal mode pemulihan sangat penting jika Anda ingin meningkatkan dan menurunkan sistem Android Anda.

Cara Mengatasi Android Bootloop Tidak Bisa Masuk Recovery Mode

Bahkan, Anda dapat dengan mudah menangani mode pemulihan Android yang rusak tanpa pergi ke bengkel ponsel. Ada 5 cara yang menurut kami paling mudah dilakukan di rumah, namun jika anda khawatir bisa bertanya kepada teman yang mengerti sistem tersebut atau langsung ke bengkel handphone terdekat. 5 cara tersebut adalah,

Menggunakan emulator terminal

Jika masih di menu utama, sebenarnya kamu bisa masuk ke menu recovery mode melalui terminal emulator. Anda bisa mendownloadnya melalui Playstore. Jalankan emulator terminal ini, jalankan perintah “reboot recovery” dan tekan enter. Kemudian ponsel android anda akan reboot dan langsung masuk ke menu recovery mode.

Jika masih macet, matikan ponsel dan masukkan dengan kombinasi tombol volume dan tombol power. Pastikan disesuaikan dengan sistem android dan tipe handphone yang anda gunakan. Karena khusus untuk tipe Samsung dengan tombol home misalnya, cara masuk ke recoverynya berbeda.

Untuk masuk ke mode recovery khusus Samsung, tekan tombol power + volume atas + tombol power. Sedangkan untuk hp xiaomi dan sejenis dengan tampilan dan tombol yang sama, anda hanya perlu menekan power + volume up. Selanjutnya, mode pemulihan akan muncul.

Melepas baterai ponsel

Memang ada banyak penyebab logo macet, tapi untuk ponsel dengan baterai built-in, tips ini patut Anda coba. Anda dapat membuka bagian belakang ponsel dan membukanya perlahan, jangan sampai soket sidik jari putus. Kemudian buka soket baterai fleksibel. Kemudian pasang kembali dan hidupkan daya. Maka kemungkinan besar Anda dapat masuk ke mode pemulihan lagi.

Menggunakan PC

Cara masuk ke mode pemulihan Android melalui komputer Anda dapat melakukannya saat ponsel masih dapat mengakses menu utama. Jika tidak bisa, sebaiknya langsung masuk ke mode download. Karena banyak sekali tipe handphone yang recovery modenya digabungkan dengan download mode. Di sana, pilih saja pemulihan.

Akan lebih mudah dan sederhana lagi jika Anda hanya menggantinya dengan TWRP. TWRP ini juga merupakan mode pemulihan yang dimodifikasi. Fiturnya juga sangat lengkap dan bisa flash ulang tanpa menggunakan komputer. Jadi akan lebih mudah dilakukan dengan Android saja. Anda dapat melakukan root, menginstal ROM kustom, dan ROM stok yang sedang digunakan.

Berkedip ulang

Jika sudah dilakukan berbagai upaya tetap tidak bisa masuk ke menu recovery, sebaiknya di flash saja. Dengan mem-flash ulang, semua sistem Android yang ada akan diganti dengan yang baru dan mode pemulihan akan dapat diakses kembali.

Tetapi sebelum melakukan flash ulang ini, Anda harus mem-backup semua data seluler Anda. Ini untuk menghindari kehilangan data karena proses flashing itu sendiri dapat menghapus semua data dari ponsel Anda.


Teknologi

Baca Juga  5+ Aplikasi Karaoke yang Bisa Disimpan di Galeri Android