AMD A9 Setara Dengan Prosesor Apa? Cek Di Sini


Saat ingin membeli komputer, tentunya prosesor menjadi salah satu pertimbangan utama. Tak jarang, orang membuat perbandingan satu sama lain. Jadi apa yang setara dengan AMD 9?

Kebanyakan orang mungkin sangat akrab dengan Intel, yang mendominasi pasar prosesor. Namun, ada pesaing yang cukup tangguh yaitu AMD. Awalnya produk alternatif, AMD kini bisa menunjukkan taringnya.

Kenali perusahaannya sebelum Anda tahu apa yang setara dengan AMD A9

Sebelum kita masuk ke apa yang sebenarnya sama dengan AMD 9, mari kita tinjau sedikit dulu tentang pesaing Intel dii.AMD adalah singkatan dari Advanced Micro Device.

Perusahaan yang didirikan di Texas, Austin, Amerika ini memproduksi prosesor dan chip terintegrasi (IC). Setelah membuka pabrik di Dresden, Jerman, dalam perkembangannya perusahaan ini berkantor pusat di Sunnyvale, California, Amerika.

Beberapa hal yang membuat AMD menjadi pilihan adalah harganya yang lebih terjangkau. Ada beberapa jenis prosesor yang hadir dengan spesifikasi setara Intel namun dengan harga yang lebih murah.

Selain itu, beberapa produknya juga memiliki spesifikasi mumpuni untuk laptop gaming. Karena itulah AMD yang cukup terkenal di kalangan gamer dan desainer grafis sangat menyukai kinerja prosesor ini.

Antivirus ekstra membuat prosesor ini mendeteksi lebih awal. Sehingga perangkat lebih terlindungi dari risiko malware akibat virus. Meski awalnya dikenal cepat panas, teknologi Cool and Quiet, mampu mengatasinya.

Spesifikasi AMD A9 setara dengan apa?

Untuk mengetahui bagaimana AMD A9 dibandingkan dengan prosesor merek lain, pasti lebih mudah jika mengetahui spesifikasinya terlebih dahulu. Nah mari kita simak seperti apa spesifikasi dari AMD A9 ini.

1. Fitur AVFS

Prosesor AMD A9 9420 memiliki teknologi yang mendukung kinerjanya yaitu AVFS (Adaptive Voltage and Frequency Scaling). Ini adalah teknologi yang memungkinkan kecepatan clock berubah tergantung pada beban yang masuk.

Dengan demikian, prosesor mampu membuatnya mengatur tegangan dan frekuensi. Kecepatan clock juga semakin tinggi dengan daya dan suhu yang optimal. Untuk membedakan apa yang setara dengan AMD A9, Anda perlu mengetahui kecepatan clock-nya.

2. Periksa kecepatan jam untuk mengetahui apa itu sama dengan AMD A9

Jika Anda melihat kecepatan clock pada prosesor ini, itu naik hingga 3,6 GHz. Kecepatan clock yang lebih tinggi ini memungkinkan kinerja aplikasi menjadi lebih cepat dan lancar.

AMD A9 ini juga memiliki kecepatan clock Turbo. Dengan demikian, kecepatannya cukup untuk bermain game. Ini membuatnya setara dengan Intel i3 6006U.

3. Pengontrol memori DDR4

Salah satu kelebihan memori DDR4 adalah kecepatan transfer yang cukup baik, sehingga kinerja laptop menjadi lebih lancar. Selain itu, memori ini hanya memiliki tegangan 1,2 V, sehingga lebih hemat energi.

Dari segi kapasitas penyimpanan, DDR4 memiliki kepadatan memori hingga 16 GB. Tentunya membuatnya mampu menyimpan data dalam kapasitas yang lebih besar.

4. Punggungan Batu

Fitur Stoney Ridge menjadikan prosesor ini unggul. Pasalnya, fitur tersebut memiliki dual core yang cocok untuk memori DDR4. Sehingga kinerja komputer lebih cepat dan mampu mengoperasikan tugas-tugas yang lebih berat.

5. Konsumsi energi

Untuk konsumsi daya, prosesor ini menggunakan 15 watt. Namun, dimungkinkan juga untuk mengaturnya ke 10-25 watt. Ini membuatnya cocok untuk notebook tipis dan ringan.

Dari beberapa spesifikasi dan keunggulan yang dimunculkan pada prosesor ini, sepertinya memang pantas untuk disandingkan dengan produk-produk besutan Intel. Selain itu, harganya yang lebih murah tentunya menjadikannya pilihan yang tepat jika budget terbatas.

Kesimpulannya, AMD A9 setara dengan Intel i3 6006U. Jadi, tentunya seri ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan prosesor setara Intel generasi keenam. Tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Ngeprint di Laptop: Mudah dan Cepat