7 Alasan Kenapa Harus Masuk Jurusan Ekonomi Pembangunan


Ada begitu banyak spesialisasi yang berkaitan dengan ekonomi, sehingga wajar jika bingung harus fokus yang mana. Anda berhak mengambil spesialisasi yang Anda inginkan dan menjadi favorit Anda. Meski begitu, tidak jarang mahasiswa yang memasuki dunia perkuliahan tidak mengetahui peminatan apa yang sebenarnya mereka inginkan.

Cara melakukannya adalah dengan mengetahui minat atau preferensi Anda sendiri. Misalnya, jika Anda lebih suka eksperimen, Anda cocok untuk spesialisasi dalam Biologi, Fisika, dan Kimia. Jika Anda pandai berhitung, maka tepat untuk mengambil peminatan Matematika. Selain itu, bagi yang suka berhitung dan pandai menganalisa maka spesialisasi di bidang Ekonomi Pembangunan adalah pilihan yang tepat.

Sangat diperlukan dalam dunia bisnis

Dunia ekonomi khususnya pembangunan tentunya berkaitan dengan bisnis baik dari segi pengembangan atau bisnis. Saat ini, banyak perusahaan membutuhkan lulusan dari spesialisasi ini. Melalui berbagai materi yang didapat di dunia kuliah, setelah lulus bisa saya terapkan untuk meningkatkan kemajuan usaha.

Ada banyak profesi yang bisa ditekuni setelah menjadi sarjana Ekonomi Pembangunan, mulai dari analis keuangan, analis kredit, analis anggaran, aktuaris, akuntan hingga dosen bisnis. Semua profesi tersebut memiliki gaji yang cukup tinggi, bahkan tidak lebih rendah dari profesi lainnya.

Ilmu yang fleksibel

Artinya, ilmu yang diperoleh selama sekolah dan kuliah tidak bisa diterapkan hanya di lingkungan kerja perusahaan atau kantor. Namun, pengetahuan ini diperlukan ketika Anda memulai bisnis Anda sendiri. Apalagi untuk mengatur dan mengelola modal usaha akan lebih mudah dengan adanya perekonomian.

Karena materi akuntansi juga diajarkan, lulusan jurusan ini juga memiliki kemampuan menghitung akuntansi untuk mengetahui berapa untung ruginya. Sejauh ini, jurusan ini terus membuka diri ke berbagai universitas mengingat prospek lapangan kerja yang besar.

Setiap kali digunakan

Pembangunan ekonomi akan terus dituntut dan dibutuhkan setiap tahunnya. Karena setiap tahun negara harus terus membangun. Sedangkan mahasiswa ini perkembangan utama evolusi studi di masa lalu, sekarang dan masa depan. Sehingga setiap tahunnya selalu digunakan oleh berbagai instansi. Tidak hanya dari segi pengembangan wilayah, tetapi juga dari segi bisnis.

Sementara itu, ia juga memiliki jenjang profesional di mana mahasiswa dapat melanjutkan studi magister hingga doktor. Semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin banyak pula pengetahuan yang diperoleh. Hal ini akan memudahkan saat Anda melakukan tugas-tugas di tempat kerja.

Biaya kuliah terjangkau

Alasan penting lainnya adalah biaya kuliah yang terjangkau. Faktor biaya selalu menjadi pertimbangan seseorang untuk melanjutkan dalam spesialisasi yang diinginkan atau memilih spesialisasi lain. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan Ekonomi Pembangunan, Anda bisa langsung mendaftar karena biaya kuliah tidak terlalu memberatkan.

Menariknya, jika Anda berhasil menjadi sarjana Ekonomi Pembangunan dan menempati pekerjaan yang tinggi, Anda juga akan menerima gaji yang tinggi. Oleh karena itu, Anda harus dia rajin belajar dan memahami semua materi yang diajarkan. Keterampilan juga harus diasah agar mudah diterima ke dalam profesi yang diinginkan. Gaji yang menjanjikan adalah kesuksesan, jadi tidak buang-buang uang untuk kuliah.

Belajar menjadi orang yang terorganisir

Kajian ekonomi pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan keuangan dan anggaran, tentu tidak boleh dianggap remeh. Semua harus diatur dengan baik untuk menghasilkan laporan keuangan yang memadai. Karena hanya satu angka yang tertulis bisa menuai banyak kerugian. Begitu teliti, hati-hati dan teratur sangat diminati saat Anda menjadi mahasiswa di departemen ini.

Nah, hal baik ini akhirnya diwariskan dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa ekonomi mampu mencatat pengeluaran dan pemasukan sehari-hari. Tujuannya bukan untuk menjadi boros, apalagi apa masih dibiayai oleh orang tua, uang yang diberikan selama sebulan seharusnya cukup untuk sebulan. Perencanaan keuangan yang baik juga membantu Anda lulus dari perguruan tinggi lebih cepat.

Tidak banyak pesaing

Ekonomi pembangunan tidak memiliki banyak pesaing, sangat berbeda dengan spesialisasi lain di bidang ekonomi, termasuk akuntansi. Kalaupun materi yang diajarkan disini tidak terlalu berbeda, kecuali materi yang menitikberatkan pada pembangunan ekonomi itu sendiri. Meski pesaingnya tidak banyak, namun lulusan peminatan ini banyak diminati dari tahun ke tahun. Selain itu, dengan pesaing yang lebih sedikit, Anda lebih mudah diterima sebagai mahasiswa di universitas pilihan. Setelah lulus, peluang untuk diterima di berbagai perusahaan dan instansi juga sangat tinggi.

Kurikulum dan silabus terbaru

Materi yang dipelajari mahasiswa Ekonomi Pembangunan sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan di universitas. Hebatnya lagi, pihak kampus juga mencoba menawarkan kompilasi program dan materi yang sesuai dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu, semua materi yang dipelajari akan bermanfaat bagi kehidupan Anda baik selama kuliah maupun ketika Anda menjadi lulusan. Perkembangan pendidikan tinggi berlangsung sangat cepat, menuntut mahasiswa untuk beradaptasi dengan cepat. Tujuannya agar bisa bersaing di dunia kerja dan mampu mengisi posisi dengan gaji tinggi.

Nah, berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk berspesialisasi dalam Ekonomi Pembangunan. Akreditasi relatif baik tergantung pada universitas yang dipilih. Selain itu, ada kuota beasiswa yang sangat membantu mahasiswa untuk membiayai pendidikannya. Memilih kampus terakreditasi A atau B sangat penting. Karena jika akreditasinya masih buruk atau masih di bawah standar, akan sangat sulit untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai.

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan juga memiliki magang. Saat memilih kampus, lihat bagaimana magang di kampus itu ditempatkan. Jika bisa ditempatkan di institusi atau perusahaan terbaik, berarti kualitas mahasiswanya sangat bagus. Memiliki kesempatan untuk magang di perusahaan yang memiliki citra baik di masyarakat tentu sangat beruntung.


Teknologi

Baca Juga  Cara Hapus Akun TikTok Secara Permanen Harus Kamu Ketahui