5+ Cara Mengatasi hp Restart Sendiri di Semua Android


Untuk beberapa pengguna Android, memulai ulang ponsel mereka bisa menjadi pengalaman umum yang mereka temui. Menurut Anda apa penyebabnya? dan bagaimana mengatasinya?

Bagi kamu yang sering mengalami HP mati sendiri, sebenarnya ada beberapa faktor penyebabnya. Untuk mengatasi hp sering mati atau restart sendiri, juga tidak bisa disamakan satu sama lain.

Pasalnya, kita perlu mengidentifikasi penyebabnya agar bisa mengambil tindakan atau bahkan mencegahnya. Maka tak heran jika penanganannya akan berbeda di setiap ponsel Android.

Penyebab HP Restart Sendiri

Tidak hanya pengguna Android, ketika ponsel kita mengalami booting, tentu akan sangat mengganggu bukan? Apalagi itu terjadi saat bermain game, perbaikan ini benar-benar menjengkelkan!

Nah, untuk menentukan cara mengatasi hp restart khususnya di android tentunya kita perlu mengenali penyebabnya. Secara umum, ada beberapa alasan mengapa ponsel sering restart, yaitu sebagai berikut:

1. Kapasitas memori minimum

Seperti yang kita ketahui, kapasitas memori yang tidak mencukupi dapat menjadi sumber masalah serius untuk semua jenis smartphone. Pasalnya, sistem aplikasi tidak bisa bekerja secara maksimal, baik di depan maupun di belakang layar.

Ini akan memicu kegagalan sistem atau crash. Oleh karena itu, jika memori ponsel hampir penuh, ini bisa menjadi penyebab ponsel sering restart.

2. Suhu ponsel terlalu panas

Selain kapasitas memori yang minim, tingkat suhu ponsel juga bisa menjadi penyebab restartnya. Ini karena prosesor akan secara otomatis restart jika menemukan kesalahan terlalu panas.

Ini biasanya akan terjadi jika Anda terlalu memaksakan kinerja ponsel cerdas Anda untuk menjalankan aplikasi berat atau menggunakan ponsel saat mengisi daya. Tetapi Anda mungkin menggunakan salah satu ponsel yang mudah panas.

3. Perangkat keras yang rusak

Penyebab HP reboot sendiri yang masih sering terjadi adalah karena kerusakan hardware. Artinya, ponsel yang Anda gunakan harus mendapatkan perlakuan khusus, bahkan mengganti ponsel juga bisa menjadi solusi.

Pasalnya, hardware yang rusak bisa jadi merupakan cerminan dari kualitas merek ponsel yang Anda gunakan. Kalau sudah tua, mungkin sudah biasa. Namun jika ponsel Anda tergolong baru, mungkin bisa menjadi pengalaman untuk memilih merek ponsel terbaik.

Cara Mengatasi Hp Restart Sendiri di Android

Jika Anda menggunakan Android dan sering mengalami reboot terus menerus, maka Anda harus memeriksa aplikasi apa yang telah Anda instal sebelumnya.

Pasalnya, tidak hanya faktor internal yang menjadi akar penyebabnya. Aplikasi yang rusak atau tidak bagus juga sering menjadi penyebab ponsel sering hang di Android.

Berikut adalah beberapa langkah yang harus diambil jika Anda memiliki ponsel yang restart sendiri di Android:

1. Hapus aplikasi yang tidak digunakan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kapasitas penyimpanan juga berperan besar dalam terjadinya seringnya reboot ponsel Android. Tidak hanya itu, aplikasi Android yang bermasalah juga dapat menyebabkan reboot.

Oleh karena itu, jika aplikasi tersebut jarang digunakan, sebaiknya Anda menghapusnya untuk meminimalkan kapasitas RAM. Pasalnya, aplikasi Android juga bisa berjalan di background walaupun tidak kita buka, hal ini pasti akan menambah beban RAM.

2. Selalu perbarui aplikasi yang Anda instal

Untuk mencegah kesalahan pengoperasian di Android, Anda harus memperbarui aplikasi yang diinstal secara teratur. Pasalnya, aplikasi yang sudah ketinggalan zaman bisa menjadi penyebab sistem crash pada ponsel Android.

Oleh karena itu, untuk mencegah ponsel Android Anda restart, coba perbarui semua aplikasi yang terpasang di ponsel Android Anda.

3. Hapus file cache aplikasi

Apakah Anda merasa ponsel Anda lambat saat membuka aplikasi tertentu? Bisa jadi karena file cache yang terlalu besar, yang secara tidak langsung memuat kapasitas RAM ponsel.

Kami menyarankan Anda secara teratur menghapus file cache aplikasi di ponsel Android Anda dengan masuk ke menu pengaturan aplikasi dan kemudian memilih Hapus cache aplikasi.

4. Copot memori eksternal

Jika sebelumnya Anda pernah menggunakan memori eksternal untuk menyimpan berbagai file media, coba gunakan kapasitas memori sdcard yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda.

Setiap ponsel Android harus menyarankan berapa banyak microSD yang dapat diinstal. Anda bisa mencoba melepas memori eksternal terlebih dahulu, lalu rasakan perubahan yang terjadi, misalnya dari kecepatan respon dan sebagainya.

5. Reset HP yang sering restart sendiri

Cara terakhir untuk mengatasi ponsel reboot adalah hard reset ponsel. Jika sudah memastikan beberapa tips sebelumnya sudah dilakukan dan hasilnya nihil, maka proses hard reset adalah pilihan terakhir.

Alasannya adalah saat Anda menggunakannya, banyak file sampah mungkin telah disimpan. Hard reset dapat menghapus semua pesan yang tidak diinginkan dan mengembalikan telepon ke pengaturan pabrik.

Harap dicatat bahwa proses ini akan menghapus semua data yang tersimpan termasuk aplikasi, media, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum melakukan factory reset, sebaiknya backup data penting Anda ke tempat yang aman.


Teknologi

Baca Juga  Cara Melihat Kode Qr Wifi di Hp Vivo