4 Cara Menyambungkan CCTV Ke HP Android Secara Realtime


Perkembangan teknologi cukup pesat. Hal ini membuat banyak hal menggunakan teknologi canggih. Misalnya untuk memantau CCTV. Jaman sekarang CCTV sudah bisa disambungkan ke HP Android lho! Namun masih banyak yang belum mengetahui dengan jelas bagaimana cara menghubungkan CCTV ke HP Android.

CCTV yang dapat dikontrol dan dipantau melalui HP memang menjadi keunggulan tersendiri. Sehingga pemilik rumah dapat lebih mudah memantau keadaan tanpa harus menggunakan layar monitor. Pemilik rumah juga dapat melihat status rumah dari jarak jauh. Dengan begitu, keamanan akan semakin terjaga, sehingga Anda bisa lebih tenang saat bepergian.

Bagaimana menghubungkan CCTV ke ponsel Android

Sebelumnya kita sudah membahas cara menghubungkan kamera handphone ke handphone lain, pada dasarnya ini sama saja. Anda dapat memantau secara langsung menggunakan media koneksi antar perangkat melalui Internet.

Adapun cara menghubungkan CCTV ke ponsel Android, ada beberapa cara yang perlu Anda lakukan. Juga, langkah-langkahnya tidak serumit yang kita pikirkan. Jika dilakukan secara berurutan, maka prosesnya akan cepat.

Oleh karena itu, Anda harus memahami setiap langkah dengan baik agar Anda dapat memantau kondisi rumah secara real time. Mari kita simak lebih dekat penjelasan berikut ini!

1. Memasang CCTV dengan benar

Cara menyambungkan CCTV ke HP Android, pertama yang harus dilakukan adalah memasangnya terlebih dahulu. Pastikan Anda telah memasang CCTV yang benar pada posisi yang benar atau sesuai. CCTV harus ditempatkan di sudut rumah yang dapat memantau semua area. Pastikan CCTV sudah terpasang lengkap agar memudahkan untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Jika Anda memiliki rumah bertingkat, sebaiknya pasang CCTV di lantai paling atas. Hal ini dimaksudkan agar CCTV dapat menjangkau seluruh wilayah yang lebih luas. Dengan demikian, Anda bisa benar-benar memantau seluruh area atau pekarangan rumah. Jika CCTV sudah terpasang dengan sempurna dan pas, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Pemeriksaan DVR dan CCTV

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek bagian DVR dan CCTV. DVR adalah sebuah perangkat yang fungsinya untuk memproses rekaman pada kamera CCTV. Tanpa DVR, CCTV mungkin tidak berfungsi sepenuhnya. Oleh karena itu, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa DVR benar-benar menyala. Sebelum menghubungkannya ke ponsel atau smartphone Android.

Selain DVR, periksa juga apakah CCTV tersebut menggunakan IP atau Internet Protocol atau tidak. Jika Anda menggunakan IP maka Anda dapat terhubung ke internet dan ponsel. Perlu Anda ketahui, sebelum terhubung ke ponsel, televisi sirkuit tertutup akan terhubung ke Internet. Jadi pastikan Anda tidak salah membeli CCTV. Gunakan produk yang menggunakan IP untuk terhubung ke Internet.

3. Menghubungkan CCTV ke Internet

Cara menghubungkan CCTV ke HP Android berikut ini adalah dengan menghubungkannya ke Internet. Metode paling umum dan mudah yang dapat digunakan untuk terhubung ke Internet adalah melalui Cloud Access P2P. Yang pertama adalah mengaktifkan fungsi Cloud Access P2P pada DVR terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat login ke DVR sebagai administrator.

Sebelumnya, pastikan Anda mengunduh aplikasi yang dikenal dengan VMS atau CMS. Setelah instalasi berhasil, kemudian coba login ke DVR sebagai administrator, masukkan kode verifikasi agar DVR dapat ditambahkan ke aplikasi VMS. Tunggu hingga 2 menit hingga status log berubah menjadi online.

4. Konfigurasi CCTV di aplikasi

Setelah registrasi, statusnya berubah menjadi online. Cara selanjutnya adalah dengan memasang CCTV di HP Android. Caranya masuk ke aplikasi VMS, lalu pilih Tools dan klik Device Management. Setelah itu, pilih Tambahkan jenis perangkat baru. Akan ada deskripsi perangkat yang terhubung. Setelah itu, klik tanda centang pada alat yang akan Anda gunakan.

Jika Anda sudah selesai masuk ke aplikasi, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah klik Tambah Perangkat. Setelah itu masukkan serial number DVR dan masukkan juga kode verifikasinya. Terakhir, klik OK setelah semua kode dimasukkan. Jadi CCTV bisa dipantau melalui ponsel Android.

Manfaat menghubungkan CCTV ke ponsel Android

Banyak orang telah mencoba untuk menghubungkan CCTV yang dapat terhubung ke Android, tentu saja, ini bukan tanpa alasan. Ini karena ada beberapa keuntungan untuk Anda. Apalagi jika Anda sering bepergian dan keluar rumah. Simak beberapa manfaatnya di bawah ini!

1. Dipantau dari jarak jauh

CCTV yang dapat dilihat melalui HP memungkinkan pemantauan jarak jauh. Jadi dari mana pun dan kapan pun Anda bisa memantaunya. Selama internet tersedia. Pasalnya, cara menghubungkan CCTV ke ponsel Android tidak akan berfungsi jika jaringan internet bermasalah.

Dengan begitu, Anda akan tahu apa yang terjadi di rumah saat Anda tidak ada. Namun, selalu pastikan bahwa jaringan share atau wifi Anda benar-benar dalam keadaan stabil.

2. Lebih aman

Rumah juga akan lebih aman dengan CCTV yang terhubung dengan ponsel. Jadi, ketika terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan, Anda dapat menanganinya dengan segera dan cepat. Dengan begitu, Anda tidak akan penasaran atau khawatir dengan apa yang terjadi di rumah.

Selain itu, jika ada pencurian atau kejahatan lain yang terjadi di rumah Anda, rekaman CCTV dapat menjadi bukti yang sah untuk dilaporkan ke pihak berwenang.


Teknologi

Baca Juga  4 Cara Makan Diet Sehat, Secara Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh