4 Cara Mengecek IMEI Android


Jika Anda sering berganti ponsel, Anda akan sering menemukan istilah IMEI. IMEI ini merupakan identitas ponsel yang dapat digunakan untuk mengetahui asal ponsel beserta nomor modelnya. Setiap ponsel pasti memiliki IMEI dan cara cek imei android itu bisa dilakukan hanya dalam beberapa langkah.

Memahami IMEI dan Penomoran IMEI Seluler Dasar

IMEI adalah International Mobile Equipment Identity yang dibuat oleh GSMA dimana aturan penomoran IMEI telah diatur dan wajib dipatuhi oleh semua produsen ponsel. Dengan IMEI Anda dapat memeriksa detail ponsel Android Anda. Mulai dari kapan diproduksi, nomor model, pabrikan, dan banyak informasi detail lainnya.

Setiap ponsel memiliki IMEI yang berbeda. Mulai dari ponsel yang hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon, hingga Android dan iPhone yang paling mahal juga memiliki IMEI. Tidak terkecuali ponsel yang Anda miliki saat ini, juga harus memiliki IMEI.

Cara cek IMEI di Android sebenarnya mudah saja, nomor IMEI ini terdiri dari 14 digit penomoran, kemudian digit ke 15 adalah kode verifikasi dari kode sebelumnya. Struktur nomor IMEI sudah dibuat sedemikian rupa sehingga bisa mengidentifikasi semua ponsel yang beredar.

Cara Cek IMEI Android dan Kegunaannya

Dengan IMEI, selain dapat melihat identitas ponsel secara detail, juga dapat digunakan sebagai metode pengamanan. Misalnya Android Anda hilang, Anda bisa melacaknya dengan mudah. Anda bisa menggunakan surat HP hilang dari polisi, lalu langsung ke galeri terdekat dan ajukan permintaan tracing.

Selain itu, di Indonesia IMEI ini biasanya digunakan untuk memblokir semua ponsel black market. Semua ponsel yang masuk ke Indonesia sekarang harus memiliki semua nomor IMEI yang teridentifikasi, jika tidak didaftarkan ponsel tidak akan dapat digunakan melalui jaringan apa pun.

Cara cek IMEI vivo dan cara cek imei oppo atau ponsel Android lainnya yang dapat Anda lakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

1. Cara Cek IMEI Android Menggunakan Dial UP

Cara cek IMEI di Android sangat mudah dengan metode dial up. Cara ini sebenarnya paling mudah. Di menu utama ponsel, cari saja telepon berdasarkan saluran, lalu ketik *#06#. Kemudian akan muncul detail nomor IMEI ponsel.

2. Menggunakan Tentang Sistem

IMEI juga ada di bagian sistem semua ponsel, terutama Android. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke pengaturan ponsel Anda. Di pengaturan telepon, pilih tentang sistem atau tentang telepon. IMEI akan muncul, rekam atau backup di ponsel lain sebagai cadangan saat terjadi masalah.

3. Cara cek IMEI Android menggunakan kotak default

Jika Anda membeli ponsel bekas, Anda dapat memeriksa apakah kotak yang disertakan dengan ponsel tersebut asli atau tidak. Caranya dengan mencocokkan nomor IMEI di ponsel dengan nomor IMEI di kotak ponsel. Jika sama, berarti ponsel tersebut asli dan lengkap. Namun jika tidak, bisa dipastikan dusbook mengambilnya dari ponsel lain.

4. Cara cek IMEI Android menggunakan informasi hardware

Pada bagian hardware biasanya juga terdapat IMEI. Anda dapat membuka casing atau penutup belakang ponsel. Di bawah baterai akan ada keterangan nomor IMEI ponsel. Anda dapat dengan mudah mengetahui IMEI di berbagai ponsel dengan 4 cara ini. Bahkan untuk ponsel lama, biasanya ada di bagian bawah dudukan baterai.


Teknologi

Baca Juga  Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi