4 Cara Makan Diet Sehat, Secara Aman dan Tidak Membahayakan Tubuh


Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap menjalankan diet. Namun ada yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, yaitu memperhatikan cara makan yang sehat. Memang sepele, namun hal ini cukup mempengaruhi proses dan program diet itu sendiri.

1. Hitung kebutuhan kalori Anda

Hal pertama yang harus dipersiapkan sebelum melakukan diet adalah merancang menu makanan yang akan dimakan setelahnya. Salah satu cara untuk makan makanan yang sehat adalah dengan benar mengidentifikasi kebutuhan kalori Anda, karena setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda.

2. Menghitung porsi makan

Selain kebutuhan kalori, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kontrol porsi makanan. Padahal, tidak hanya cara menurunkan berat badan yang perlu Anda hitung porsi makannya, tetapi juga cara menggemukkan tubuh.

Dalam hal ini, Anda perlu menghitung berbagai jenis makanan yang diperlukan dan tidak diperlukan untuk tubuh. Kemudian atur porsi makan yang sesuai, yaitu:

  • untuk daging/protein
  • karbohidrat
  • Sisanya adalah sayuran hijau dan warna lainnya.

Maka dalam hal ini perhatikan porsi makan, termasuk prinsip gizi seimbang. Ingatlah untuk menghindari makanan yang tinggi lemak dan gula. Karena itu akan membuat berat badan Anda bertambah.

3. Buatlah jadwal makan yang teratur

Banyak orang berpikir bahwa ketika Anda melewatkan makan berkali-kali, Anda akan menambah berat badan, sehingga menurunkan berat badan dengan cepat. Tapi ini sebenarnya salah.

Meski sedang menjalani program diet, makan tetap menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan. Karena melewatkan makan membuat tubuh cepat lapar, gula darah akan mengalami kenaikan atau penurunan drastis dan juga stres.

Jika ingin mengurangi porsi makan, maka waktu makan awal adalah 3 kali, dengan porsi besar. Sekarang dapat diubah 6 kali, dengan porsi yang lebih kecil. Namun Anda tetap perlu menghindari makanan yang tinggi lemak dan kalori.

Penting juga untuk tidak melewatkan sarapan dengan makanan yang kaya protein dan serat. Tujuannya tak lain agar tubuh terasa kenyang lebih lama, hingga makan siang tiba.

4. Makan perlahan

Hal lain yang jarang diketahui orang adalah makan secara perlahan. Ini adalah cara yang terkadang membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Faktor rasa kenyang juga dipicu oleh otak. Dimana otak membutuhkan rangkaian sinyal, yang berasal dari hormon pencernaan yang kemudian disekresikan melalui sistem pencernaan.

Di sisi lain, ketika Anda makan dengan cepat, Anda tidak memberikan tubuh Anda cukup waktu untuk mengirim sinyal hormonal ke otak Anda. Akibatnya, Anda bisa cepat lapar karena tubuh, terutama perut, belum terpuaskan.

Meski terbilang biasa-biasa saja, cara mengonsumsi makanan sehat seperti ini bisa membuat sistem dan program diet Anda lebih sukses.


Teknologi

Baca Juga  3 Cara Download Zoom untuk Laptop, Mudah dan Cepat