3 Alat Untuk Menghubungkan ke Internet


Secara umum, jaringan internet membutuhkan pemancar dan penerima untuk terhubung satu sama lain. Oleh karena itu, ada beberapa jenis alat untuk terhubung ke Internet. Dari yang sering kita lihat, bahkan sampai yang belum pernah kita lihat.

Apakah Anda tahu dari mana sinyal GSM berasal? Pasti sebagian besar dari Anda menjawab dari menara, bukan? Tanpa sepengetahuan Anda, meskipun ada jalur akses sebagai pemancar.

Untuk mengetahui apa saja alat untuk terhubung ke Internet, mungkin kita akan mengambil jaringan wifi sebagai contoh. Pasalnya dalam sebuah jaringan wifi kita bisa mengetahui alat apa saja yang bisa menghasilkan internet.

Daftar alat untuk menghubungkan ke Internet

Jika kita menggunakan ponsel, kita mungkin tidak membutuhkan jaringan internet asal. Alasannya umumnya karena sinyal jaringan tersedia secara luas tanpa kita ketahui bagaimana prosesnya bekerja.

Seperti yang sudah dijelaskan, jaringan internet dapat dihubungkan dengan bantuan transmitter, berikut adalah daftar alat untuk menghubungkan ke internet secara umum:

1. Modem

Jika kita mengakses internet melalui laptop atau PC, mungkin alat ini sudah tidak asing lagi. Modem adalah alat untuk menangkap sinyal jaringan dan menghubungkannya ke perangkat laptop.

Komponen yang terdapat pada modem terdiri dari kartu GSM yang sering kita gunakan di smartphone. Biasanya modem terhubung melalui port USB yang tersedia di komputer.

2. Router

Router juga merupakan salah satu alat untuk terhubung ke Internet. Peran router adalah sebagai pemancar sinyal. Sumber internet yang didistribusikan bisa berasal dari sinyal GSM atau provider internet fiber seperti indihome.

Berbeda dengan modem, yang umumnya hanya menghubungkan Internet ke satu perangkat. Router dapat menjangkau beberapa perangkat secara bersamaan karena menggunakan sistem nirkabel.

3. Titik akses

Access Point adalah alat koneksi internet yang berfungsi sebagai speaker dan receiver. Secara praktis, tidak jauh berbeda dengan router, tetapi secara fungsional access point dapat menghubungkan Internet di area yang lebih jauh.

Nah, jika Anda sering melihat tower provider ponsel, alat ini dipasang di ujung tower. Biasanya radius pancaran sinar mencapai puluhan kilometer. berbeda dengan router yang hanya menjangkau area sekitar dalam radius satu meter.

Cara menggunakan konektor internet

Jika Anda sudah memahami fungsi perangkat koneksi internet, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk memahami cara menggunakan alat tersebut hingga benar-benar terhubung. Mungkin kita akan berbicara tentang router dan titik akses. Pasalnya, tidak ada fungsi khusus dari modem itu sendiri.

Dalam hal ini, kami akan mencoba menjelaskan beberapa topologi yang sering kami gunakan dalam jaringan. Misalnya dari rumah 1 sudah terpasang wifi dan ingin disambungkan ke rumah 2.

Namun, ada banyak cara yang bisa digunakan, untuk lebih konkrit, anggap saja jarak antara rumah 1 dan 2 adalah 1 km. Dalam hal ini Anda membutuhkan 2 access point dan 2 router. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pengaturan titik akses

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, cara menghubungkan ke Internet melalui jarak ini idealnya menggunakan titik akses. Mengatur titik akses 1 (rumah 1) ke mode titik akses dan kemudian mengatur titik akses 2 (rumah 2) sebagai klien.

Anda dapat melihat IP titik akses di setiap perangkat. Pertama, pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung ke jaringan titik akses yang akan diatur. Buka browser Anda dan kunjungi IP, lalu masuk dengan akun default Anda.

2. Hubungkan Kedua titik akses

Setelah proses setup selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungkan kedua alat tersebut. Ketika titik akses 2 (rumah 2) sudah dalam mode klien, mulailah memindai jaringan wifi dan hubungkan ke jaringan terpancar dari titik akses 1 (rumah 1).

Setelah Anda berhasil terhubung, itu berarti Anda telah berhasil memotret wifi jarak jauh dan Anda dapat menyebarkannya ke rumah Anda melalui router Anda.

3. Hubungkan titik akses dan router

Ketika AP 2 (Access Point) telah berhasil mengambil sinyal dari AP 2, langkah selanjutnya adalah menghubungkan Router 2 ke AP 2 menggunakan kabel LAN. Hubungkan keduanya melalui port LAN yang tersedia di setiap perangkat.

Jika sudah terhubung, maka saatnya mengatur router 2 sebagai pemancar sinyal wifi. Periksa detail login yang biasanya tersedia di bagian belakang perangkat (router). Masuk dan atur nama menjadi kata sandi wifi yang akan digunakan.

Sampai saat ini, Anda telah berhasil mengonfigurasi semua alat untuk terhubung ke Internet secara normal. Ini adalah topologi sederhana yang dapat Anda gunakan, meskipun ada banyak cara lain untuk terhubung ke Internet.

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa alat untuk menghubungkan ke internet adalah router, access point atau modem. Dalam hal fitur, router adalah alat yang paling serbaguna. Pasalnya, alat ini memiliki banyak fitur.

Biasanya, sebuah router dapat bertindak sebagai titik akses, repeater, ke WISP yang, secara kebetulan, bertindak sebagai penjemput sinyal dan dapat mendistribusikannya kembali.


Teknologi

Baca Juga  Download Story Instagram Online - InformasiKita